Minggu, 31 Mei 2020

Business Plan



Halo ges, berjumpa lagi dengan saya di blog ini :). kali ini kita akan membahas mengenai business plan.

1. Pengertian business plan
    menurut Bygrave, business plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. menurut hisrich dan peters, business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan sewaktu memulai usaha.

2. Manfaat business plan
    seperti yang ditulis oleh republika mengenai manfaat dari business plan, yaitu
    
    a. Dapat mengawali bisnis yang baik

        rencana dan tujuan yang jelas dapat mengawali bisnis yang baik nih ges kalo kalian bisa  merancangnya dengan sangar baik.

   b. Dapat membantu permodalan

       kesiapan pebisnis dapat terlihat dari rencana bisnis yang dibuatnya, hal itu membuat para investor tertarik dan bisa mendapatkan sokongan uang loh ges!

   c. Dapat membuat keputusan yang tepat

       Business plan dapat membantu kita untuk memahami apakah bisnis yang kita jalani ini sudah  sesuai rencana atau belum. makanya ges inilah salah satu fungsi business plan :)

   d. memberikan gambaran kepada konsumen dan investor

       dengan adanya business plan nih, kita bisa memperkenalkan produk kita kepada investor dan   konsumen dengan jangkauan yang lebih luas lagi loh, wow!

3. Prinsip business plan
    business plan juga punya prinsip loh ges, kira-kira apa aja ya?

    a. Prinsip otonomi, setiap pelaku usaha bebas ngelakuin apa aja selama gak melanggar norma.

    b. Prinsip kejujuran, kalo kita jujur dalam menjalankan bisnis, bisnis tersebut kedepannnya pasti lancar.

    c. Prinsip saling menguntungkan, dalam berbisnis kita harus saling menguntungkan bukan   membuntungkan.

    d. Prinsip integritas moral, pelaku usaha harus menjadi media yang baik bagi masyarakat.

4. Format business plan (Pramono :2011)

I. Pendahuluan
Antara lain berisi penjelasan mengenai:
1.     Latar belakang dan motivasi melakukan usaha
2.     Justifikasi pemilihan obyek usaha.
3.     Tujuan Usaha yang hendak dicapai
II. Analisis produk
Antara lain berisi penjelasan mengenai:
1.  Jenis dan nama produk, karakteristik produk
2.  Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran
3.  Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku

III. Analisis pasar
Antara lain berisi uraian mengenai:
1.     Profil konsumen.
2.     Potensi dan segmentasi pasar
3.     Pesaing dan peluang pasar
4.     Media promosi yang akan digunakan
5.     Target atau rencana penjualan satu tahun
6.     Strategi pemasaran yang akan diterapkan

IV. Analisis produk/operasi
Antara lain berisi uraian mengenai:
1.     Bahan baku, bahan penolong dan peralatan yang digunakan
2.     Pasokan bahan baku
3.     Proses produksi/operasi
4.     Rencana produksi selama 1 tahun

V. Analisis keuangan
Antara lain menjelaskan tentang:
1.     Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai perhitungannya)
2.     Penentuan harga pokok penjualan
3.     Rencana Neraca awal dan Neraca Akhir Tahun
4.     Rencana Laporan Laba/Rugi

penjelasan di video ini bisa temen-temen tonton yaa



semoga artikel ini dapat bermanfaat ya ges, peace be upon you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My bisnis

halo teman-teman kembali lagi dengan saya di artikel kali ini... saya akan membuat execuive summary dan menerapkannya dalam BMC, cek ya tem...