Penentuan harga jual produk merupakan suatu pondasi yang sangat penting juga sebagai kunci kesuksesan dalam bisnis anda. Penentuan ini juga dapat meningkatkan produksi bisnis anda.
Dalam postingan kali ini, saya akan membagikan metode-metode yang bisa dilakukan untuk menentukan harga jual produk atau jasa anda. Mari kita simak penjelasan dibawah ini
- Metode Harga Pasar
Metode ini mengikuti mekanisme harga produk yang berlaku di pasar. Ada argumentasiyang menyatakan bahwa harga pasar merupakan manifestasi dari biaya yang dikeluarkan waktu produksi. Metode Harga pasar ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu
1. Produk gabungan yang dapat dijual pada titik pisah batas / Split off point
apabila harga jual diketahui pada titik pisah ini, maka biaya bersama dibebankan pada produk berdasarkan nilai jual masing-masing produk terhadap nilai jual keseluruhan produk. Metode ini menggunakan harga total pasar dari setiap produk, yaitu jumlah unit yang diproduksi dikalikan dengan harga jual per unit.
2. Produk gabungan yang tidak dapat dijual pada titik pisah batas
Jika suatu produk tidak diketahui pada titik pisah, maka harga tidak dapat diketahui pada titik pisah. Produk tersebut membutuhkan proses tambahan sehingga harga diketahui setelah proses selesai.Untuk memperoleh dasar alokasi, biaya pemrosesan lebih lanjut dikurangi dari harga pasar final untuk mendapatkan harga pasar hipotetis. Biaya penjualan dan pemasaran serta biaya administrasi dan umum yang dapat ditelusuri langsung ke produk tertentu, serta estimasi untuk laba juga harus dikurangi jika jumlahnya berbeda secara proporsional untuk produk gabungan yang berbeda.
- Metode Biaya Plus
Metode ini didasarkan pada besarnya biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut ditambah dengan suatu presentase dari biaya tersebut. Persentase penambahan tersebut merupakan laba yang diinginkan perusahaan. Penentuan besarnya laba yang ingin diraih dipengaruhi oleh banyak hal, dimulai dari perolehan laba di tahun sebelumnya, laba rata-rata industri, pertumbuhan laba perusahaan.
- Metode Marjin Kontribusi
Margin kontribusi adalah selisih antara penjualan dan biaya variabel dari suatu produk atau jasa. Yaitu jumlah uang yang tersedia untuk menutupi biaya tetap dan menghasilkan laba.
Margin kontribusi merupakan suatu alat ukur internal yang penting dalam pengambilan keputusan manajemen.
- Metode Laba Maksimal
Ada kalanya produk suatu perusahaan memiliki sifat yang elastis. Perubahan harga jual produk tersebut akan langsung mempengaruhi volume penjualan tersebut. beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menaikkan penjualan/omset, meminimalkan biaya langsung perusahaan, memperhatikan tingkat perputaran persediaan, mengurangi pemborosan, dan mereview kembali profit perusahaan.
- Metode tingkat penelitian atas modal
tingkat penelitian diharapkan oleh pemodal yang mengharuskan perusahaan menggunakannya sebagai dasar untuk menetapkan harga jual produk pada kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar