Senin, 30 Maret 2020

Strategi pemasaran

berkaitan dengan artikel sebelumnya, dalam sebuah bisnis kita harus mengetahui bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan konsumen. maka dari itu kita harus menentukan strategi pasar. mengapa diperlukan strategi pemasaran? karena kita akan mengetahui barang dan jasa yang  kita hasilkan dapat disukai, diminati, dan dibeli oleh konsumen.

dalam postingan kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana mengatur strategi pemasaran. yuk, baca lebih lanjut..


  1. Menentukan perencanaan pemasaran
         dalam menentukan perancanaan pemasaran yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan kebutuhan pasar. disini, kita mulai melihat kembali dengan teliti apa barang atau jasa yang saat ini benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.lalu berikutnya, kita juga harus tahu siapa sasaran konsumen kita agar kita dapat membangun relasi dengan para konsumen. setelah itu kita juga melakukan marketing mix yang merupakan strategi untuk memastikan pemilihan produk yang tepat, tempat penjualan yang tepat, dan harga yang tepat. di akhir penentuan perencanaan ini anda akan menempatkan strategi pemasaran anda dalam persaingan bisnis 
  
     2. Teknik dan strategi Pasar
      merupakan cara atau langkah-langkah yang dilakukan untuk menjual barang dan jasa. dalam hal ini terdapat penelitian dan pengembangan pasar (probe), melihat perkembangan produk, melihat tempat terbaik untuk memulai bisnis, melihat harga pasar yang sesuai, dan melakukan promosi.

   3. Analisa potensi pasar
     sebelum terjun ke dalam pemasaran, anda harus menguji kelayakan bisnis anda untuk meminimalisir kerugian.

4. Menentukan saluran distribusi
    saluran distribusi merupakan rute yang sudah ditetapkan oleh perusahaan untuk menyalurkan barang dan jasa. saluran distribusii bisa saja sederhana dengan dua lapisan (produsen dan konsumen) dan bisa saja lebih rumit. tergantung bagaimana perusahaan ingin menentukan  saluran distribusi tersebut.

5. Menenntukan strategi harga
     strategi harga dilakukan untuk keuntungan perusahaan dan keberlangsungan perusahaan. ada 4 strategi yang bisa dilakukan seperti price penetration, skiming price, sliding down the demand curve, follow the leader pricing. dan 

6. Promosi
   setelah langkah-langkah diatas telah selesai dilakukan, maka proses yang terakhir adalah promosi. di era digital saat ini, proses promosi menjadi lebih mudah karena banyak sekali situs-situs yang akan membantu anda mempromosikan barang dan jasa yang akan anda jual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My bisnis

halo teman-teman kembali lagi dengan saya di artikel kali ini... saya akan membuat execuive summary dan menerapkannya dalam BMC, cek ya tem...