disini saya akan membahas cara asyik mengelola bisnis. Ingin tahu bagaimana caranya?
mari kita bahas!
- Harus banget punya tujuan
kita pasti mempunyai sesuatu yang ingin dicapai, hal itu disebut tujuan. dengan adanya tujuan, kita dapat menentukan arah bagi perusahaan yang akan kita bangun. nah dalam menentukan tujuan ini, kita juga menempatkan beberapa pihak dalam menentukan tujuan seperti misalnya
a. Dewan Direksi
dewan direksi mempunyai tugas untuk mengurus perusahaan dan sebagai pemimpin dalam menentukan misi perusahaan.
b. Manajer Puncak
Manajer puncak ini mempunai peran untuk mengembangkan rencana serta membuat tujuan jangka panjang bersma dewan direksi
c. Manajer Menengah
Manajer menengah punya tugas untuk mengimplementasikan perencanaan yang dibuat oleh manajer puncak
d. Manajer lini pertama
Sering disebut dengan supervisor atau manger department. tugasnya mengawai pegawai non manajerial dalam proses produksi dan sama-sama membuat tujuan jangka pendek bersama manajer menengah
- Punya manajemen yang baik
manajemen punya beberapa fungsi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. perencanaan mempunyai proses penting disini karena tanpa perencanaan bisnis tidak akan berjalan dengan baik. dalam pengorganisasian disinilah terbentuk bagan-bagan yang akan mengurusi jalannya bisnis. pengawasan dilakukan untuk memantau apabila terjadi pelanggaran ketika bisnis berjalan.
- Keahlian dalam manajemen
untuk mengimplementasikan manajemen, diperlukan skill atau keahlian sesuai dengan fungsinya seperti time management, technical, relation, decision making dan human relation.
Jadi, dalam mengelola bisnis kita juga harus mempunyai wawasan dalam organisasi dan manajemen di dalamnya. semoga informasi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semuanya! peace be upon you 😇
Tidak ada komentar:
Posting Komentar